Apa Manfaat Memelihara Hewan Bagi Anak Kita?

Rupanya ada banyak manfaat memelihara hewan bagi anak. Mungkin selama ini manfaat ini jarang diketahui. Akibatnya orang tua justru banyak yang menjauhkan anak dari hewan peliharaan karena merasa membahayakan bagi si kecil. Tapi rupanya kenyataannya tidak demikian.

Manfaat Memelihara Hewan Bagi Anak

Memiliki hewan peliharaan justru dapat menjadi teman yang menyenangkan untuk si kecil. Dalam memilih hewan peliharan sebaiknya disesuaikan dengan kesukaan si kecil. Jangan memberikan hewan yang justru ditakuti oleh anak atau dapat menyebabkan alergi kepada si kecil.

Berikut manfaat yang bisa didapatkan jika kita memelihara hewan peliharan untuk anak di rumah. Manfaat memelihara hewan bagi anak ini tentunya dapat menjadi referensi tambahan untuk anda yang selama ini takut mendekatkan anak dengan hewan.

apa manfaat memelihara hewan bagi anak manusia

Membuat Anak Menjadi Lebih Aktif

Memiliki hewan peliharaan akan membuat si kecil lebih aktif. Karena tentunya anak akan senang bermain dengan hewan peliharaannya. Dengan begitu anak akan bergerak aktif dan tidak hanya pasif duduk diam menonton tv.

Lebih Disiplin

Anak akan menjadi lebih disiplin masalah waktu ketika ia memiliki hewan peliharaan. Karena tentunya ia harus memberi makan, memandikan, membersihkan kandang hewan, dan perawatan lainnya. Dimanana hal ini harus dilakukan secara ruti dan disiplin. Dengan begitu anak akan belajar untuk lebih menghargai waktu.

Belajar Berempati

Baca juga: Khasiat Madu Untuk Kesehatan Anak
Hewan peliharaan akan membuat si kecil merasa nyaman jika ia menyukai hewan tersebut. Jika sudah begitu maka anak akan menyanyangi hewan tersebut. Inilah yang membuat anak untuk belajar berempati. Sehingga jika kepada hewan saja ia bisa berempati maka akan lebih mudah baginya untuk menyayangi sesama.

Belajar Tanggung Jawab

Manfaat memelihara hewan bagi anak yang juga penting adalah melatih tanggung jawab. Karena jika sudah memutuskan untuk memiliki hewan peliharaan maka si kecil akan berkomitmen untuk merawatnya. Inilah yang akan menumbuhkan sikap tanggung jawab pada anak.

Menjauhkan Anak Dari Gadget

Banyak sekali anak kecil yang sudah kecanduan gadget karena memang tidak memiliki teman bermain di rumahnya selain gadget. Dengan adanya hewan peliharaan maka fokus anak akan teralihkan dan tidak hanya pada gadget saja. Memberi mereka hewan peliharaan merupakan salah satu trik jitu melepaskan anak dari kecanduan gadget, game, youtube dan lain-lain.

Kesimpulan Memelihara Hewan Bagi Anak

Masih banyak sekali manfaat memelihara hewan bagi anak. Namun secara umum itulah manfaat utamanya. Sebelum memberikan hewan peliharaan untuk anak perhatikan dulu masalah alergi dan pastikan hewan tersebut aman bagi si kecil. Atau sebaiknya konsultasikan bersama dokter anda mengenai hewan peliharaan yang cocok.

Tunggu tips seputar ibu dan anak lainnya dari kami.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Budidaya Kepiting Bakau dari Pembenihan sampai Pembesaran

6 Cara Mengatasi Anak Mudah Marah dan Rewel

Jasa Aqiqah Murah di Tangerang Selatan